Akhir-akhir ini Ara lagi agak bertingkah. Jadi lebih sering
lakuin hal-hal yang saya tau banget sebenarnya dia tau itu ga oke. Jadi lebih
sering merengek, lebih sering minta gendong, lebih sering lempar barang...
Lebih sering gangguin saya juga kalau lagi kerja. Saya lagi ngetik, dia dengan
sengaja naik-naik ke pangkuan atau injak-injak kaki. Saya lagi balas-balas
email di hp, eh dia rebut hpnya. Saat ini saya juga baru pindahan rumah, jadi
banyak bongkar-bongkar barang. Masih berantakan, makanya saya lagi ga kasih dia
main sensori yang messy di dalam
rumah. Tapi malah sengaja dia tabur-taburin beras/tepung di lantai dalam rumah,
bukannya di teras. Hufff….stok sabar mana stok sabar…
Tapi terus saya sadar..Ara berulah begitu bukan karena dia
nakal. Ulah dia itu adalah cara komunikasi dia kalau dia ga dapat perhatian
yang dia butuhkan. Saya akui selama dua bulan terakhir ini kerjaan lagi
banyak..urus kelas bayi bermain Rumah Dandelion yang sudah jalan, jadwal
visitasi sekolah, proyek laporan psikotes, plus urusan pindahan rumah. Kadang
saya pergi dari pagi sampai maghrib baru pulang, dan dia ga selalu saya ajak
pergi. Ara pasti ngerasain bedanya, secara dulu saya seringnya di rumah dan
rajin buatin dia mainan ini itu, sekarang jadi lebih sering dititipin ke rumah
oma/eyangnya dan waktu main sama dia ga sebanyak sebelumnya (padahal kebutuhan eksplorasi dia makin tinggi).
Quote ini pas
bangetlah buat ngegambarin situasi saat ini. Serasa ditampar bolak-balik, malu
sendiri, karena entah udah berapa kali saya kasih konseling ke orang tua yang
anaknya sedang mengalami masalah perilaku dan jelasin soal ‘cari perhatian
dengan cara negatif’, eh ini malah kejebak sendiri.
Bayangkan situasi ini:
Ara : ma, ayo main puzzle sama Ara..
Mama : bentar lagi ya ra, mama masih ada kerjaan
nih.. Ara coba buat sendiri dulu ya..10 menit lagi ntar mama temenin
Ara : (pasang muka
sedih tapi berusaha ngerti) okay. Mama mau kerja dulu ya?
Mama : iya. Boleh ya?
Ara : okay (lalu main
sendiri)
Mama : (sibuk ngetik..10
menit berlalu dan liat Ara anteng, jadi lanjutin kerja lagi)
Ara : (20 menit
kemudian Ara mulai bosen main sendiri) ma..ayo
main sini.. mama! (mukul lengan
terus naik-naik ke pangkuan)..tutup
laptopnya (sambil nutup atau sengaja ikut ngetik-ngetik)
Mama : oke oke oke..mama temenin ya (tutup
laptop)
Yang terjadi adalah, saat Ara mainnya anteng dan saya berpikir ‘oh bisa kok dia main sendiri..terusin aja
lah kerjaannya’ saya malah jadi abai sama kebutuhan dia akan perhatian saya.
Tapi begitu Ara berulah (yang sumbernya karena saya ga merhatiin dia), saya
malah jadi kasih yang dia mau (tutup kerjaan dan jadi nemenin dia main, karena
percuma juga ga bisa konsen digangguin mulu kan). Apa yang Ara pelajari? Dia justru
belajar kalau dia berulah, mamanya baru akan kasih perhatian.
Contoh lain misalnya pas lagi beres-beres rumah baru, Ara mau
ikut bantu tapi saya ga ngebolehin (lupa bawa sapu pel dan kain lap esktra).
Jadilah Ara saya minta main sendiri di ruang tengah yang udah dibersihin lebih
dulu. Well, yang namanya beres-beres pindahan rumah ya..ga bisa sebentar dong. Alhasil
bisa Ara 2-3 jam main sendiri. Saya bolak-balik bilang “mama belum selesai ra, bentar ya..”. Ara pun mulai berulah. Kadang
sapu yang lagi saya pakai direbut, barang-barang yang sudah ditata diberantakin
lagi, ruang tengah jadi kotor lagi.. Biasanya saya ga terlalu controlling untuk hal ini, cuma karena
lagi pindahan itu berasa capek banget kalau harus bentar-bentar rapihin ulang.
Saya pun malah jadi marah. “Ara!
Kok gitu sih.. Kalau Ara gangguin mama terus malah ga selesai selesai..Kalau
Ara masih gitu lain kali Ara ga usah ikut ya pas lagi beres-beres. Di rumah oma
atau eyang aja. Kan tadi Ara yang bilang mau ikut, jadi jangan gangguin yaa..mau
nonton aja?”
BIG BIG
MISTAKE!
Kesalahan
pertama: ga perhatiin Ara dalam jangka waktu lama. Kadang janji 10-15
menit lagi tapi trus molor karena ngerasa nanggung). Harusnya saya tau Ara akan
berulah kalau dicuekin dalam waktu lama. Harusnya saya bisa dorong diri buat
stop kerja dan temenin dia main (recharge kebutuhannya dia lah) baru lanjut
beres-beres lagi.
Kesalahan
kedua, pas Ara berulah, saya bereaksi, bukan berespon. Apa bedanya? Reaksi
itu spontan, ga terlalu dipikirin, lebih ke pelampiasan emosi (karena kerjaan
saya diganggu). Respon itu lebih thoughtful,
harusnya saya bisa lebih tenang dan bisa mikir kenapa Ara sampai berulah
gitu. Lah ini, saya malah lupa kalau marah-marah bisa juga dianggap oleh Ara sebagai
bentuk perhatian saya (daripada dia dicuekin sama sekali), yang akhirnya malah
nguatin perilaku Ara yang kurang baik itu. Pakai marah-marah dan ancaman lagi. I should’ve known better. Respon yang
Ara butuhin bukan itu. As Katie Malinski said..Children who are acting in unloving ways are likely to themselves be
feeling unloved, unwanted, not valuable, incapable, powerless, or hurt. The
response to those children isn’t
greater control, or bigger punishments, they need understanding, compassion,
and support for their growth. LOVE.
Kesalahan
ketiga, saya kurang antisipasi. Harusnya saya siapin peralatan ekstra
dan fasilitasi keinginan dia buat bantu-bantu. Atau sebelumnya kasih peringatan berulang-ulang
ke Ara kalau beres-beres bakal lama. Jadi dia boleh pilih untuk ikut kesana
(dengan konsekuensi main sendiri), atau mau dititip ke rumah oma/eyangnya aja. Ara
sebenarnya anaknya bisa dikasih tau banget kok.
Kesalahan
keempat, jadiin nonton sebagai pengganti (ampun deh riii..toyor kepala
sendiri). Sekarang ini Ara jadi lebih banyak waktu nontonnya. Biasanya sehari
1.5 jam maksimal, @30 menit dan cuma boleh kalau dia sudah makan. Sekarang bisa
jadi 2jaman.
Hmmm.. ngerasa bersalah banget euy sama Ara. Kalau gini terus, pasti
Ara akan makin berulah, sayanya juga bakal makin ga sabar dan lebih sering
marah-marah, yang terus malah bisa buat Ara tambah bertingkah lagi…no no no no no.. Harus cepet diubah nih sebelum
jadi masalah menetap dan ngaruh ke attachment
saya sama Ara, sebelum dia ngerasa kalau mamanya selalu lebih mentingin kerjaan dan main hp daripada dia.
So..what’s the plan?
§ Restok
sabar, over and over again. Kalau Ara
lagi berulah mesti nahan diri buat marah-marah, ingetin diri buat tetap tenang
dan empati sama Ara. Pahami kebutuhan Ara.
§ Reverse the pattern. Kasih
perhatian ke Ara saat dia melakukan hal yang positif, bukan yang negatif. Kalau
dia lagi anteng main, ikut sebentar main sama dia. Puji karena dia pengertian
mau kasih waktu mamanya kerja.
§ Tepati
janji. Kalau memang janji 10 menit lagi selesai kerja, ya selesai. Mau ntar
lanjut lagi gpp, yang penting stop dulu. Kalau perlu pasang alarm deh biar ngeh.
§ Spend more quality time with her (cliché, but
really really essential and proven effective to minimize behavior problems). Harus sediaian
waktu main sama Ara yang benar-benar ga didistrak sama handphone / kerjaan lain. Susah ya sekarang buat ga sebentar-sebentar cek hp,
apalagi kerjaan juga banyak koordinasi via wa/email. But then again, prioritize ri! Mau coba lagi minimal seminggu sekali buat DIY toys.
§ Manajemen
waktu. Mesti pilah-pilah kerjaan, dan kalau mau ambil banyak karena butuh
nabung, ya harus siap waktu tidur yang berkurang, bukan waktu sama Ara yang
terkikis.
§ Saat
benar-benar harus kerja, make sure Ara
ada yang ajak main. Entah itu papanya, oma opa, yangti yangkung, om tante, atau
mbanya. Biar si gadget ga jadi babysitter.
Last but not least.. just
a little reminder from one parent to another.. when your kid misbehave, please don’t
take it all out on him/her. Don't label him/her 'naughty'. Spend time too to reflect, is there any of our behaviors
contribute to the problem? Maybe it’s us, not them. Maybe it’s us who’ve been
too busy to recognize and fulfill their needs.. maybe it’s us who’s not paying
enough attention to their warning signs.. maybe it's us who's not provide sufficient control, choices, and boundaries for them to grow.. When we change, they will change..
No comments:
Post a Comment