Thursday, July 3, 2014

Dunia bermain Ara part 1: Play is the true work of childhood

“Ra..main yuk!” “Hari ini Ara mau main apa?”

Selain I love you, kalimat ini mungkin yang paling sering saya bilang ke Ara, karena buat saya dunia anak-anak itu ya dunia ceria yang harus diisi dengan bermain. Yang namanya main, berarti kegiatannya dilakuin tanpa ada paksaan dan harus buat senang. Anak ’cuma’ goyang-goyangin badan atau lari-larian ga tentu arah, tapi kalau dia asyik dan nikmati, itu bisa kita bilang lagi main. Seru kalau liat Ara diajak main kitik-kitik atau kejar-kejaran aja bisa ngekeh-ngekeh banget :D Mau permainan spontan (tanpa tuntutan, tanpa aturan, anak pilih dan kembangin sendiri aktivitasnya) atau permainan terstruktur (ada tujuan khusus, perencanaan, dan bimbingan orang dewasa), keduanya sama-sama penting dan sebisa mungkin seimbang porsinya.

Kalau orang dewasa, main itu kan biasanya buat ngisi waktu luang, nyantai, refreshing, dan bantu ngilangin stres ya. Tapi kalau anak, main itu punya manfaat lebih, karena juga ngaruh ke tumbuh kembangnya. Lewat bermain, anak belajar tentang dunia sekelilingnya. Lewat bermain, anak bisa ngembangin kemampuan motorik, bahasa, kognitif, sosial emosional, dan kreativitasnya. Bahkan main itu juga bisa ada hubungannya sama kesiapan sekolah loh.

Nah tapi ada hal-hal yang perlu diperhatiin nih kalau mau buat kegiatan bermain untuk anak:

1. Pilih permainan sesuai usia/ tahap perkembangan (age / developmentally appropriate).  Kita ini beruntung banget hidup di jaman internet, tinggal googling aja “permainan untuk anak usia X bulan/ tahun” atau “activities for toddler”  muncul deh banyaaaakk banget pilihan kegiatan yang bisa jadi ide untuk stimulasi dan pengisi waktu hari-hari anak.

2. Lihat juga perkembangan anak kita, karena pastinya beda-beda. Mungkin ada anak yang 4-5 bulan udah bisa duduk sendiri, jadi bisa dikasih kegiatan yang biasanya untuk anak di atas 6 bulan. Atau sebaliknya, anak 14 bulan tapi belum bisa jalan, ya sebaiknya sih nunda dulu permainan yang nuntut anak gerak kesana kemari. Kalau kita maksa anak ngelakuin permainan yang di atas kemampuannya, bisa jadi anak malah ngerasa rendah diri. Tapi kalau terlalu gampang, anak juga bisa bosen dan malah frustrasi karena kurang tantangan. Jadi ya pinter-pinter mama papa dan pengasuhnya untuk ngamatin anak.

3. Tahan diri biar ga dominasi anak. Saya juga masih belajar nih biar ga sering-sering ngatur Ara. Dia tuh seringnya kan mau coba-coba sendiri. Kadang ga bisa, tapi dibantuin juga ga mau. Trus kalau ga bisa bakal dilempar atau diacak-acak atau ditinggal aja gitu tuh mainan, plus ngerengek hihihi... Tapi ya mau gimana kan?  Saya cuma bisa nunjukin Ara cara mainnya gimana, kasih tunjuk berulang-ulang, dan nenangin dia. Kalau dia mulai keliatan frustrasi, saya bilang ”Ara mau dibantuin ga? Gpp lho Ra kalau belum bisa sendiri, kan belajar. Ga harus langsung bisa. Coba lagi aja yuk!” Kadang dia mau coba lagi, kadang ga mau. Kalau dah gitu ya saya simpen lagi aja mainannya, beberapa jam atau besoknya baru coba kasih lagi.

4. Lihat daya tahan, mood,  dan atensi anak. Kalau kayaknya anak sudah capek atau lagi ga mood mainin mainan yang kita rencanain, dan lebih pilih main lainnya, ya biarin aja. Trus jangan ngarepin anak bisa merhatiin lama-lama. Jangan gampang kasih label anak ’hiperaktif’. Itungan kasarnya, rentang perhatian (attention span) anak itu, minimal setara dengan 3-5x usia anak. Jadi anak 1 tahun kita bisa expect dia untuk fokus (tanpa jeda) selama 3-5 menit, anak 2 tahun selama 6-10 menit, dst.  

5. Kasih semangat, tepuk tangan, dan pujian kalau anak bisa ngelakuin suatu permainan sesuai tujuannya. Ara girang banget kalau ditepukin, kadang malah dia yang minta :D Kalaupun masih salah, puji usahanya karena mau coba. Jadi kita ga cuma hargai hasil, tapi juga proses belajarnya. Penting nih buat ngembangin kecerdasan emosinya, biar dia belajar bahwa gpp loh ga selalu berhasil, lebih penting untuk belajar coping kegagalan dan ga cepet nyerah.   

Di post ini saya mau share ya tentang beberapa kegiatan / permainan Ara sejak dia lahir sampai 1.5 tahun

Pandang-pandangan
Katanya nih, bayi itu terlahir dengan kesenangan untuk mengamati wajah daripada benda-benda, dan ini penting untuk belajar tentang hubungan sosial. Kalau anak terbiasa liat wajah penuh cinta, dia juga akan bangun perasaan positif ke orang lain. Sebenarnya saya yakin sih kebanyakan orang tua secara instingtif pasti takjub dan memang suka mandangin anaknya, apalagi pas baru lahir hehe... Sekalian aja ajak dia main, gerakin kepala kita pelan-pelan ke kiri kanan trus liat deh diikutin ga ma dia. Iseng-iseng juga buat gerakan sederhana kayak buka mulut atau julurin lidah, she might surprise you when she does the tricks!



Pola Kontras
Selain wajah orang, bayi juga tertarik secara visual sama pinggiran benda dan gerakan benda. Bayi belajar pahami bagian-bagian apa aja dari pola yang dia liat, yang merupakan satu kesatuan. Apa buku bagian dari meja? Apa meja bagian dari lantai? Apa baju bagian dari tubuh? Apa tubuh bagian dari tembok?  Nah, buat bantu bayi ngembangin minatnya ini, pilih mainan dan hiasan kamar yang punya garis-garis tegas dan kontras warna yang jelas (hitam-putih-merah). Waktu Ara umur 2 mingguan, sampai sekitar 3 bulan, sering saya ajak main lihat pola kontras. Polanya saya unduh dari internet trus saya print deh. Kata kuncinya ”high contrast pattern for babies”.  Ada juga sih motif yang saya beli, bentuknya kain yang bisa dilipat-lipat dan diikat di box / digantung di dinding (lihat di gambar kotak kanan bawah). Sekitar 3 bulan, pas Ara jadi lebih tertarik sama benda-benda dan motif warna-warni, kainnya tinggal dibalik deh (ada gambar-gambar juga tapi warna-warni).


Tracking
Gerakan benda juga bisa jadi cara bayi untuk kenali hal sebagai satu kesatuan atau bukan. Buat latih Ara supaya bisa bedain figure & ground, saya sering goyangin macam-macam obyek di depannya, mulai dari bola, botol, bungkus makanan, boneka, kotak tissue, dll. Gerakin dari kiri ke kanan, atas ke bawah, atau gerakan memutar. Tracking ini juga bisa nguatin otot mata dan asah keserasian gerak kedua mata. Awalnya sih Ara ga bisa tracking sesuai gerakan saya, tapi lama-lama bisa kok, bahkan bendanya bakal coba-coba dia pegang/ ambil. Oia, coba goyang-goyangin benda sedikit di luar jangkauan bayi, biar ngedorong dia untuk raih dan semangat guling-guling.



Sensory play
Sekarang banyak banget kan yang jualan mainan model rattle/ kerincingan, atau play mat yang banyak obyek untuk sensory play (rangsang indera penglihatan, pendengaran, penciuman, perabaan, perasa). Alhamdulillah waktu itu dapat kado ini dari temen jadi ga usah beli. Tapi sebenarnya ga perlu beli juga bisa sih, pakai benda sehari-hari aja semacam kunci rumah, botol isi air terus dikocok-kocok, kipas manual, remote tv, bungkus tissu, gelas didentingin pakai sendok, suara-suara yang kita buat sendiri,  lilin wangi, atau spons yang biasanya buat cuci piring tuh (yang ada tekstur lembut dan kasarnya). Permainan ini simpel dan fun, tapi bisa asah kemampuan diskriminasi sensorinya, latih Ara buat mikir sebab akibat (bahwa kalau  bunyi itu pasti ada sumber suaranya, atau apa yang kita lakuin -pencet atau goyang- bisa buat sesuatu terjadi), sambil juga ngenalin macam-macam real life objects. Makin gede, sensory play makin bisa variasi, kayak ubek-ubek mangkok diisi beras, aduk tepung dan telur, main pasir, lihat dan cium buah-buahan di kulkas, jalan di rumput atau batu, dll. Berhubung anak bayi itu sukanya pakai mulut kan ya buat eksplorasi (mouthing), pastiin aja mainan / barang yang kita kasih ke dia bersih, plus jangan terlalu kecil ukurannya biar ga keselek. Ga perlu terlalu khawatir kalau anak suka emut-emut, jangan terlalu dilarang. Di samping  karena bayi <2 tahun ini memang masih dalam fase oral, mulut itu pusat saraf yang bisa kasih informasi soal rasa, tekstur, dan ukuran.






Main boneka jari & pretend play boneka
Dari lahir sampai sekitar Ara 4 bulanan, biasanya sambil jemur Ara saya sekalian ajak main boneka jari. Ngoceh aja buat cerita asal untuk tiap tokoh boneka jari, kebetulan karakternya binatang semua. ”Hallo..saya Mister Cow, saya itu seekor sapi. Makannya rumput , tapi bisa ngeluarin susu. Susuku enak loh, tapi Ara belum minum susu sapi ya. Ara masih minum ASI, supaya sehat dan kuat!” Simpel, bisa untuk stimulasi pendengaran dan banyakin kosa kata. Ara juga bisa belajar intonasi bicara, yang nantinya ngaruh ke kemampuan komunikasinya. Buat variasi, boneka jarinya bisa diganti sama foto anggota keluarga, supaya lebih cepat akrab gitu, apalagi yang jarang ketemu. Kalau sekarang, Ara lagi tertarik main pura-pura pakai boneka, yang kasih tanda kemampuan berpikir simboliknya makin berkembang. Bonekanya dikasih makan minum, diajak bobo dan diselimutin, atau digendong dan dipeluk. Baru beberapa hari ini aja nih, sebelumnya ga terlalu suka.





Tummy time dan senam
Sebelum Ara bisa guling-guling sendiri, saya sediain waktu buat tummy time (ditelungkupin), untuk bantu kuatin otot-otot tubuhnya. Kadang-kadang ditelungkupinnya di atas guling, biar sekalian latian keseimbangan. Trus tiap abis mandi, Ara saya ajak senam. Lakuin gerak-gerak silang untuk rangsang koordinasi dan koneksi antara otak kiri dan otak kanan. Maksudnya gerak silang tuh kayak tangan kiri nepuk kaki kanan, atau angkat tangan kanan dan kaki kiri secara bersamaan, atau kayak gowes sepeda. Cek aja di youtube soal senam atau pijit bayi, sederhana kok gerakan-gerakannya. Pas Ara dah bisa guling-guling sendiri, ga bisa lagi deh diajak senam atau dipijit, dipakein popok sambil tiduran aja susah *.*



Jalan-jalan keliling rumah
Sebelum Ara bisa jalan, saya sering gendong dia keliling rumah sambil cerita tentang benda-benda yang diliat, bisa soal fungsinya, cara pakainya, warnanya, bentuknya, ukurannya, dll. Misalnya aja ”Ini namanya lampu ra. Laaaammm...puuuuu...buat penerangan. Kalau tombolnya dipencet (klik) bisa nyala, jadi terang deh. Kalau dipencet lagi (klik) bisa mati, jadi gelap deh.” Abis itu beberapa kali pencet nyala mati nyala mati, sambil pegang tangannya Ara ke tombolnya supaya dia lebih ngerti. Jalan lagi ke lemari baju. ”Nah, kalau ini lemari baju ra. Buat simpan baju-baju. Pintu lemarinya bisa dibuka dan ditutup loh. Bukaaaa.... (sambil buka).... tutuppppp (sambil tutup)”. Lanjut lagi deh ke yang lainnya. Buat alternatif, pas udah bisa duduk, dudukin di dalam kardus disangga bantal, trus kardusnya kasih tali, jalan-jalan deh keliling dari ruangan ke ruangan sambil jelasin lagi ”Ini kamar tidur, tempatnya Ara bobo... kalau ini dapur, tempatnya mama masak. Nah kalau ini kamar mandi, buat bersih-bersih kalau Ara abis pipis atau pup.”

Pas Ara bisa jalan dan duduk di mainan beroda tanpa jatuh, saya buatin maze ini. Jadi ceritanya semacam peta yang ngehubungin antara keempat pintu yang ada di rumah saya. Buat petanya ini dari lakban. Trus di tiap pintu, ditempel gambar bangunan yang ceritanya rumah Pondok Bambu (rumah saya), rumah Pondok Kelapa (rumah eyangnya), rumah Kelapa Gading (rumah oma opanya), dan kantor papanya. Di tiap rumah, ditempel foto tiap anggota keluarga yang tinggal di sana. Ara seneng banget mainan ini. Jalan-jalan sendiri dari satu pintu ke pintu lain (tapi belum bisa ikutin jalur, main terabas aja hehe). Dari permainan ini Ara nambah kosa kata dan bisa belajar konsep jauh-dekat, kanan-kiri, lurus, belok, tengah-tengah, jalan-jalan, berangkat dan sampai. Dia juga jadi hapal deh tempat tinggal sudara-saudaranya. Biar tambah seru, gabungin juga sama permainan lampu lalu lintas. Buat lingkaran dari karton, kalau hijau ’jalan’, kalau merah ’stop’.


  
Baca cerita
Tiap hari juga, saya atau papanya Ara pasti bacain buku ke Ara. Sekarang malah Ara bisa minta dan pilih sendiri buku yang dia mau baca. Ada satu buku yang dia suka banget, buku gajah dan bisa bersuara kalau dipencet, sampai akhirnya tuh buku jebol. Abis sekalinya baca bisa minta diulang sampai 3-4x! Saking seringnya, sekarang dia hapal jalan ceritanya dan bisa ikutan ngoceh. Buat Ara, buku yang saya kasih ke dia masih hard book atau buku kain, jadi ga gampang robek dan lebih gampang dia bolak balik sendiri halamannya. Pernah saya beliin buku biasa, sukses dilecekin dan dirobek-robek padahal baru aja dibeli. Hiks.



Musik
Di rumah, ga ada hari tanpa musik, mau mainan gitar, atau dengerin lagu dengerin CD atau nyanyi-nyanyi sendiri! She loves to dance and sing!  Biar lebih fun, nyanyinya sambil buat gerakan-gerakan. Kayak lagu ”kalau kau suka hati tepuk tangan prok prok..kalau kau suka hati injak bumi bum bum..kalau kau suka hati mari kita lakukan, kalau kau suka hati berputarlah..” Lagu lain yang asyik buat gerak macam ”kepala pundak lutut kaki”, ”potong bebek angsa”, ”topi saya bundar”, ”kupu-kupu yang lucu”, ”naik-naik ke puncak gunung”, ”naik becak”, dll dll. Sebenernya sih bisa aja semua dibuat gerakan yah ^^. Dengan gerak, Ara jadi lebih gampang inget juga sama lagunya, lucu banget kalau denger dia nyanyi sambil coba ikutin gerakan! Manfaat musik banyak loh, selain nambah kosa kata, anak juga bisa belajar tempo (cepat lambat dan gerak sesuai beat musik), atau buat musik sendiri (pukul-pukul galon, tepuk tangan bernada, ketok-ketok panci). Internalisasi karakter juga bisa. Ada satu lagu yang saya karang buat Ara (nyanyinya ikutin iklan pepsodent jaman dulu ya..yang ada kata-kata ”Aku gigi mulut rumahku...”). Lagunya gini:

Aku Ara, riang sifatku
Sholehah dan penyayang, baik rajin dan cerdas
Itulah aku
Panggillah aku si Ara, Arka Mecca Raissa Dharmawan
Ayo kita berteman baik, bermain belajar bersama



Cermin
Oke, perlu diakui, Ara agak narsis. Hahaha.. dia suka ketawa dan senyum-senyum sendiri kalau lagi ngaca. Yah sekalian aja lah ya jadi permainan. Saya pangku Ara, atau dia duduk di depan saya, trus kita main tunjuk-tunjuk anggota tubuh. Ara dan tau hampir semua anggota tubuh sekarang (dari kepala, rambut, mata, telinga, hidung, mulut, lidah, gigi, pipi, dagu, dahi, alis, leher, udel, perut, tangan, lutut, kaki, dan nama-nama jari).  Bisa juga sambil kita ajak senam, tangan ke atas-bawah/ kiri-kanan/ depan-belakang,  kepala geleng-geleng dan angguk-angguk, dll. Mainan cermin ini juga bisa untuk belajar emosi loh, ubah-ubah aja ekspresi kita sambil sebut nama emosinya dan biasanya apa yang buat kita ngerasain itu. Lama-lama bakal paham kok J



Main basah-basahan
Ara tuh anaknya gampang banget keringetan, jadinya kalau cuaca panas, gampangnya diajak main air aja. Contohnya kayak yang di foto itu. Isi aja ember sama air, cemplungin mainan hewan-hewan lautnya, trus kasih saringan buat tangkep-tangkep. Variasi lain bisa sekalian buat latian tuang-tuang, dan peras-peras pakai spons. Selain untuk latih kemampuan visual motoriknya, dari kegiatan ini Ara juga nambah kosa kata baru kayak apung-tenggelam, tuang-tampung, penuh-kosong, tangkap, cemplung, dan peras. Main basah-basahan lain misalnya siram kebun, sambil sekalian belajar bagian tubuh tanaman. Abis main, basah, mandi deh ^^. Saya belum pernah ajak Ara main hujan-hujanan, tapi kayaknya seru! Beberapa teman saya suka ajak anaknya gitu dan sehat-sehat aja tuh.




Art
Variasi kegiatan art ini bisa banyak banget. Dari corat-coret pakai alat tulis, atau ciprat-ciprat air berwarna, atau buat cap tangan dan cap huruf pakai finger paint. Lebih enak memang pakai finger paint sih, soalnya gampang ilangnya. Saya pernah main pakai pewarna makanan (maksudnya sekalian Ara belajar soal konsep aduk, larut, ciprat) eh tapiiii… ternyata susaaah banget ilangnya. Jadilah itu berapa hari kaki tangan Ara agak kuning ijo gitu.




Susun Balok / Donat Ring & Lego/ Mega Block
Permainan susun balok atau lego ini, selain buat asah keterampilan motorik Ara, juga bisa asah kreativitasnya karena bisa bebas buat apa aja sesuai imajinasi. Bisa aja Ara bilang itu dia lagi buat rumah, pesawat, jerapah, gedung, atau lainnya, walau sekilas sih sama aja cuma tumpukan aja hehehe..  



Main bayangan
Ga sengaja nih awalnya main ini. Waktunya bobo, tapi Ara masih ga mau bobo dan malah nangis karena ga dibolehin keluar kamar. Tiba-tiba kepikiran nyalain lampu hp dan main bayangan deh.  Buat variasi bisa juga eksplorasi bayangan waktu jalan-jalan pagi.



Eksplorasi Dunia Bintang (via flash card, figur 3D, dan field trip
Suatu saat pas Ara usia 10bulanan, Ara liat di tv ada gajah (sebelumnya dia cuma tau dari buku cerita gajahnya itu). Tiba-tiba dia bilang ‘ajah’ sambil nunjuk. Wow, saya kaget juga, karena kan di bukunya itu gajah kartun, sementara di tv itu gajah binatang aslinya. Berarti Ara bisa paham persamaannya ya. Akhirnya saya beliin flashcard binatang-binatang (gambarnya asli, bukan kartun). Ara superrrr excited mainan ini. Dalam waktu seminggu, dia bisa tau hampir 30 binatang (sekarang lebih banyak lagi). Awalnya saya yang bilang “mana zebra?” dan minta Ara nunjuk. Lama-lama makin kompleks “mana yang suaranya mooooo” atau “mana yang hidupnya di air?”, dan dia bisa paham cukup cepat. Tahap lanjutnya lagi, Ara yang sebutin itu binatang apa saat dia ditunjukin gambar tertentu, plus ciri-cirinya (suaranya, makanannya, karakteristik khususnya).  Pengenalan Ara ke dunia binatang tambah luas lewat mainan binatang-binatangan dan field trip ke Taman Safari di Cisarua dan Kuntum Farm Field di Tajur. 






Tumpah ruah
Waktu Ara baru bisa duduk, aktivitas favoritnya dia itu jatuh-jatuhin barang (dan mamanya yang disuruh ambil), sama keluar-masukin barang-barang dari-ke keranjang/ baskom. Sambil main ini, Ara jadi bisa belajar konsep keluar-dalam, banyak-sedikit, dan penuh-kosong. Makin besar usianya, benda yang jadi mainan pun bisa makin variatif dan ukurannya makin kecil, karena Ara sudah makin terampil ambil benda pakai jari jempol dan telunjuknya (biasa disebut pincer grasp). Misalnya masuk-masukin koin ke lubang celengan, atau masuk-masukin bola-bola gabus ke botol. Kalau sudah penuh, ditumpahin lah semua. And repeat!



Sorting games
Mainan ini bisa buat anak belajar untuk mencocokkan dan mengelompokkan benda-benda sesuai kategori tertentu. Ara baru bisa sortir berdasarakan kategori konkrit (warna dan bentuk), karena dia memang sudah tau dan bisa nyebutin hampir semua warna dan beberapa bentuk (lingkaran, kotak, segitiga, segienam, hati, dan bintang). Nanti pelan-pelan bisa latian kategori yang lebih kompleks, misalnya jenis buah/ sayur, binatang air/darat, dll. Masih seputar sorting games, bisa juga beli mainan shape sorter, yang juga ngasah koordinasi mata-tangan.




Sliding games
Awalnya mau beli mainan sliding games, tapi kok ya mahal banget. Maklum deh, sebagian besar mainan Ara hasil kado dari kakek nenek om tantenya, atau dibeliin papanya tanpa pakai uang belanja bulanan (haha mama irit). Jadi saya suka ngerasa agak sayang gitu, dan coba-coba buat sendiri. Pertamanya dari kardus, cuma tahan beberapa hari. Dapat saran dari teman, akhirnya yang terbaru ini awet! Sayangnya, udah mayan effort buatnya, Ara ga terlalu tertarik maininnya, dia ga pernah lama kalau main ini dang a pernah atas inisiatifnya sendiri x__x



Main sedotan & tusuk lidi
Ini juga awalnya main ga sengaja. Papa Ara lagi tidur sementara saya harus kerja. Ara rengek dan malah gangguin saya terus. Akhirnya cari otak supaya dia bisa sibuk sendiri selama beberapa saat. Pas itu dia ambil si wadah pink dan di depan saya ada kotak sedotan. Jadilah mainan baru, ternyata buat dia lumayan seru juga loh! Masih ada sisa sedotan, browsing deh cari permainan lain. Nemu ini. Jadi cotton bud diwarnain pakai finger paint, trus Ara diminta masukin cotton bud ke sedotan sesuai warnanya. Bisa samain warnanya, atau sesuai instruksi "masukin merah ke sedotan hijau". Lumayan gigih juga si Ara buat masukin, karena lumayan susah sebenarnya. Bagus juga sih buat latian motorik halusnya :) 






Cilukba 
Siapa sih yang ga tau cilukba? Tampaknya sederhana ya, tapi ternyata ada manfaatnya juga loh. Permainan ini bisa buat ribuan sel di otak bayi jadi aktif, kuatin attachment bayi dan ortu (karena ga mungkin kayaknya main ini ga ketawa), dan bayi bisa rasakan sensasi waktu nebak-nebak. Bayi pun bisa makin berkembang kemampuan konsentrasi dan permanensi obyeknya (bahwa benda itu walaupun ga keliatan bukan berarti hilang). Bisa divariasiin juga nih. Main cilukba biasa (tangan kita nutupin muka), atau kita sembunyiin barang di bawah sapu tangan (awalnya keliatan sebagian barangnya dan anak liat pas kita umpetin barangnya, baru perlahan-lahan semua bagian barangnya ga keliatan), 




Mengenal transportasi
Ada satu buku Ara tentang transportasi, saya kepikiran buat mainan ini. Tinggal googling gambar pemandangan laut, rel kereta, dan kota, sama gambar-gambar alat transportasi. Print, laminating, dan tempel-tempel deh. Ara jadi sekalian belajar transportasi darat, udara, dan laut.



Permainan fisik
Anak perlu active playtime yang ngasah kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi motorik kasarnya. Waktu Ara mulai belajar merangkak, mainan yang bisa jalan jadi seruuu banget buat dia. Dia mulai ‘ngeh’ kalau dipencet si kura-kura bisa jalan, trus akan coba pencet dan ketawa-ketawa pas liat kura-kuranya jalan, trus coba dikejar deh. Sekarang, dia lagi suka panjat-panjat, lari-larian, naik turun tangga dan kursi, main prosotan, sama lempar dan tendang bola. Kegiatan ini ga perlu aturan macam ’tak jongkok’ atau ’ular naga’, jadi malah bebas sebebasnya untuk nyalurin energi. Pernah dua kali saya ajak ke tempat main yang di mall, tapi mahal euy. Alternatifnya, bisa susun-susun barang-barang di rumah buat jadi semacam halang rintang (panjat kursi à turun à masuk kolong meja à naik tangga à lari ke kamar à ambil boneka di kasur dan lompat-lompat tanda berhasil!). Kalau Ara biasa main begini di rumah eyangnya, karena punya toko dan ada banyak tumpukan kardus ^^








Art & Craft 
Step 1: siapin bahan-bahan pakai apa yang ada di rumah (beras, jagung, kacang ijo, kapas, sedotan, gabus warna, atau kancing).
Step 2: buat gambaran dan kasih double tape.
Step 3: buka double tape terus kasih contoh ke Ara kalau gambarnya lengket jadi bisa ditempel-tempel
Step 4: biarin Ara tempel-tempel. Awalnya satu-satu abis itu ga sabar langsung dituang hehehe
Step 5: jadi deh!
Selesai gambar pertama eh Ara minta lagi. Pas ditanya mau gambar apa dia bilang
"tik tik tik bunyi ujan..pakai payung.." dibuatin deh. terus sambil nempel dia ngoceh sendiri "awannya putih...baju pink.." lumayan lama bisa fokus dia. Ara kayaknya jauh lebih suka ini daripada pas fingerpaint. Satu hal yang harus hati-hati supaya alat-alatnya ga ada yang dimakan atau dimasukin hidung, secara kecil-kecil gitu kan. Tapi kata dsa-nya Ara, kalau anak dah lancar ngomong, biasanya sudah jarang masuk-masukin objek ke mulut. Hm.. bener juga sih. Ara dah lebih jarang jilat-jilat sejak kurang lebih waktu dia umur 15bulan...



Itulah dunia bermain Ara... nanti kalau ada permainan-permainan baru di post lagi yaa...
Selamat mencoba!


No comments:

Post a Comment