Wednesday, June 18, 2014

Belajar antri lebih penting dari matematika, belajar sharing lebih penting dari calistung ^^


Seorang guru di Australia pernah berkata:
“Kami tidak terlalu khawatir jika anak2 sekolah dasar kami tidak pandai Matematika, kami jauh lebih khawatir jika mereka tidak pandai mengantri.”

Sewaktu ditanya mengapa dan kok bisa begitu ?
Inilah jawabannya:

"Karena kita hanya perlu melatih anak selama 3 bulan saja secara intensif untuk bisa Matematika, sementara kita perlu melatih anak hingga 12 tahun atau lebih untuk bisa mengantri dan selalu ingat pelajaran berharga di balik proses mengantri.Karena tidak semua anak kelak akan berprofesi menggunakan ilmu matematika kecuali TAMBAH, KALI, KURANG DAN BAGI. Sebagian mereka anak menjadi Penari, Atlet Olimpiade, Penyanyi, Musisi, Pelukis dsb. Karena biasanya hanya sebagian kecil saja dari murid-murid dalam satu kelas yang kelak akan memilih profesi di bidang yang berhubungan dengan Matematika. Sementara SEMUA MURID DALAM SATU KELAS ini pasti akan membutuhkan Etika Moral dan Pelajaran Berharga dari mengantri di sepanjang hidup mereka kelak."

”Memang ada pelajaran berharga apa dibalik MENGANTRI ?”
”Oh iya banyak sekali pelajaran berharganya”

"Anak belajar manajemen waktu jika ingin mengantri paling depan datang lebih awal dan persiapan lebih awal.

Anak belajar bersabar menunggu gilirannya tiba terutama jika ia di antrian paling belakang.

Anak belajar menghormati hak orang lain, yang datang lebih awal dapat giliran lebih awal dan tidak saling serobot merasa diri penting.

Anak belajar berdisiplin dan tidak menyerobot hak orang lain.

Anak belajar kreatif untuk memikirkan kegiatan apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebosanan saat mengantri, baca buku misalnya. 

Anak bisa belajar bersosialisasi menyapa dan mengobrol dengan orang lain di antrian.

Anak belajar tabah dan sabar menjalani proses dalam mencapai tujuannya.

Anak belajar hukum sebab akibat, bahwa jika datang terlambat harus menerima konsekuensinya di antrian belakang.

Anak belajar disiplin, teratur dan kerapihan.

Anak belajar memiliki RASA MALU, jika ia menyerobot antrian dan hak orang lain.
Anak belajar bekerjasama dengan orang2 yang ada di dekatnya jika sementara mengantri ia harus keluar antrian sebentar untuk ke kamar kecil.

Anak belajar jujur pada diri sendiri dan pada orang lain."


Setujuuu banget sama pemikirannya guru itu. Pengen bangettt masyarakat Indonesia itu lebih berbudaya: budaya antri, budaya sharing, budaya empati, budaya nolong, budaya apresiasi, budaya toleransi..

Baruu aja kemarin alamin kejadian yang ngingetin lagi betapa pentingnya pendidikan karakter. saya share cerita ya.. Jadi ceritanya lagi di tempat main anak di rumah sakit selagi nunggu antrian dokter....Namanya tempat main, banyak dong anak-anak yang sliweran. Ada yang main prosotan, rumah-rumahan, jungkat-jungkit. Ara begitu liat langsung ngeloyor mau dicobain semua, jungkat-jungkit 30 detik, turun, ke prosotan, masuk2 kolong rumah2an, masuk ke rumah2annya, balik lagi ke jungkat-jungkit 30 detik, turun lagi...gitu aja bolak balik...

Trus dateng lah satu anak (sebut aja B), sekitar 4tahunan lah, milih main jungkat-jungkit kecil (kayak yang di gambar ini), sementara Ara lagi main prosotan  

Turun dari prosotan, Ara bilang sama saya kalau dia mau main itu. Saya bilang dong "sabar ya ra... mainnya gantian. Ini kan bukan punya Ara, jadi harus sharing. Kakaknya kan juga mau main, tunggu ya.." 3 menit lewat... 5 menit lewat...10 menit lewat.. kok nih anak ya betah banget ya. Ara dah mulai mewek.. Saya coba tanya ke anaknya "hai.. boleh ga adeknya pinjem sebentar? gantian mainnya sebentar aja?" dicuekin aja loh..dia cuma liat doang, trus dengan cueknya main lagi. ada anak lain datang (kayaknya adeknya karena mukanya mirip) langsung didorong ga boleh main.. 

Ara makin jadi nangisnya, karena dia pengen banget naik itu. Udah dikasih pengertian masih nangis, sempet mau main rebut aja, tapi saya tahan. Saya mau Ara belajar untuk bisa nahan diri dan bahwa ga semua keinginannya itu harus diturutin saat itu juga. Ini bagian dari kecerdasan emosi. Saya coba alihin ke mainan lain, awalnya ga mau, tapi akhirnya berhasil juga dengan saya sok2 heboh ikutan main. 

Ga berapa lama Ara keinget lagi sama si jungkat-jungkit dan minta lagi. Tapi si B masih asyik. Malah sekarang udah ada anak lain lagi (sebut saja C) yang ikutan nungguin, ditemenin sama mamanya. Mamanya C ini juga udah minta ke B buat gantian, dapet respon sama kayak saya tadi. Dicuekin euy! Sempet nanya ke saya, "lagi antri juga ya mba?" Saya angguk, dan dia bilang ke anaknya "kak, ini ternyata udah ada yang duluan antrinya. giliran ya. habis adeknya itu (nunjuk ke si B), trus adeknya ini (nunjuk ke Ara), baru kakak main ya." Nah saya suka nih sama mamanya si C, karena ga main asal serobot.

Tapi si C udah ga sabar, akhirnya nangis juga kayak si Ara. Malah lebih heboh lagi adegan ngambeknya, dan lebih lama. Saya ngiderin pandangan ke seputaran tempat main itu, coba cari kira2 mamanya si B yang mana ya? Maksudnya mau minta tolong biar si B gantian mainnya. Tapi ibu2 yang ada disana lagi pada sibuk sendiri2, atau cuma sekedar liat2 ada kejadian apa yang buat ribut, terus nerusin kegiatannya lagi. Ga ada tanda2 ada yang mau nyamperin si B. huffff....

C masih lanjut nangisnya, Ara juga ikutan rengek lagi.. beberapa saat kemudian ada seorang ibu nyamperin si B, and guess what? ternyata dari tadi dia ada deket banget dari tempat mainan! Saya ga habis pikir aja sih, rasanya ga mungkin dia ga tau kalau udah ada dua anak nangis karena anaknya monopoli mainan. Saya bahkan liat tadi dia lirik2 ke arah sini, tapi karena ga ada respon, ya saya pikir pasti dia bukan mamanya B. Mau ga mau jadi mikir "Wah, terang aja si B sulit berbagi, ternyata mamanya juga kurang empati". Saya mbatin dalam hati, semoga ntar bisa ajarin Ara supaya peka sama keadaan orang lain. Kalau masih sekecil Ara ini memang masih sulit sih untuk disuruh sharing, dan kalau dikasih tau pun belum tentu ngeh. Tapi paling ga, sebagai orang tua kita bisa coba kasih batasan dan ga ngebiarin gitu aja kalo anak kita seenaknya. Dan buat saya sharing itu ga cuma berlaku buat anak yang lebih besar lho..jangan karena lebih gede trus harus selalu ngalah, ya kasian juga anaknya.  

Ini baru satu contoh kejadian. Ada lagi yang Ara sempet ga boleh masuk rumah2an sama anak2 yang lebih gede.. terus ada anak yang ga sengaja nabrak Ara tapi abis itu cuma ngeloyor tanpa minta maaf, anak yang yang teriak-teriak (bukan karena lagi marah) padahal itu di indoor, anak yang manjat2 rumah2an (menjurus bahaya dan ngasih contoh yang ga bae buat anak yang lebih kecil)..Pas lagi semua kejadian ini, saya coba kasih tau ke mereka untuk sharing, main hati2, dan minta maaf kalau ga sengaja nabrak. Dan semua respon sama aja, cuek bebek! Sulit juga kalau orang tua atau pengasuh mereka sendiri ngebiarin tingkah mereka yang macam gitu. Siapa saya mau coba2 nasehatin mereka?

Well.. reminder lah buat saya, saya harus bisa didik Ara supaya punya attitude yang baik.

Temen saya pernah bilang, "Jangan cepet bangga kalau anak pinter calistung dan jago operasiin tablet atau ipad. Tablet tuh gampang, tinggal klik dan geser jari sini sana. Lebih susah itu, belajar aturan main ta' jongkok, belajar antri nunggu giliran, belajar ngatur emosi kalau kalah main ular tangga." Hmm.. bener juga ya..

Trus darimana anak belajarnya? Ya dari pengalaman mereka sendiri, apa konsekuensi yang mereka terima terhadap perilaku mereka. Misalnya aja tadi, si B monopoli mainan. Konsekuensi yang dia dapet justru positif (bisa lama mainnya dan buat happy). Kalau ini kejadian berulang trus, dia akan belajar bahwa monopoli itu cara yang efektif untuk buat dia happy, dan bahwa dengan cuekin permintaan orang lain, lama2 orang itu yang bakal bosen minta dan biarin dia main lagiTapi kalau mamanya B ingetin dari awal, B belajar bahwa monopoli itu bukan tindakan yang baik, bahwa sharing itu justru bisa buat dia dan orang lain happy sama2. Jangka panjangnya, pasti karakter si B yang terbentuk bakal beda ---> blom tentu si B gedenya jadi orang egois lho ya, ga bisa lah ditentuin cuma dari satu kejadian ini..

Anak juga belajar dari contoh, mereka kan selalu ngawasin tindak tanduk kita ya, dan kalau ga konsisten dengan apa yang kita ajarin ke mereka, suatu saat saya percaya pasti bakal kena batunya. Saya inget suatu quote "dont be too worry if your kids dont always listen to you.. worry that your kids watch your every move!" setuju! Ga bakal ada gunanya koar2 nasehatin ini itu, kalau kitanya sendiri ga bisa jadi role model buat anak..misalnya aja pas mau beli obat, ga ada gunanya ajarin anak budaya antri, kalau anak liat kita nyusup ke bagian paling depan (trus pas ditegur malah balik marah) atau liat kita kasih banyak alasan (udah lama di rs, anaknya dah ngantuk, rumahnya jauh, macam2 lagi). ya tentu ada kasus2 khusus sih, kita sendiri juga harus punya empati, tapi kita juga bisa lah bedain mana yang nyerobot karena emang sekedar mau cepat atau karena urgent.

Yuk, jadi orang tua yang ga cuma ajarin anak supaya pintar, tapi juga punya sikap yang baik. Indonesia lebih butuh lebih banyak orang yang berbudaya dan berkarakter positif, daripada orang pintar. ^^


No comments:

Post a Comment