S (specific)
tujuannya harus jelas, jangan ngawang-ngawang. misalnya, tujuan kita mau jadi orang bahagia. wah kalau itu mah abstrak banget. bakal susah nentuin langkah buat realisasinya karena terlalu umum, apa yang buat bahagia tiap orang kan bisa beda-beda. lebih efektif kalau kita nulis "mau jalan-jalan ke Jepang bulan Januari 2015"; "mau hidup lebih sehat dengan makan buah minimal 2x sehari"; atau "mau punya blog yang dibaca 500 orang per hari". Eh, saya sih belum seambisius itu (yaiyalah tulisan aja baru 1 ini!). Goal untuk sekarang cuma baru "mau punya blog". titik. nantinya bisa diadjust lagi..dan tujuan bisa bgt lho lebih dari satu :)
M (measureable)
bisa diukur, ada buktinya, supaya bisa dievaluasi sejauh atau sedekat apa kita sama tujuannya. Misal nih, goal saya "mau punya blog tempat numpahin unek-unek pribadi sekaligus wadah nulis macam2 cerita tentang perkembangan Ara, yang aktif update tulisan minimal seminggu sekali". Bisa jelas kan keukur. Ada ga blognya, wah ternyata sudah published. Checked. Tapi nanti ternyata tulisannya udah 1 bulan ga ada update, itu bisa langsung jadi feedback supaya lebih rajin nulis lagi.
A (attainable)
artinya memungkinkan untuk dicapai.
memang sih orang harus punya mimpi besar, tapi harus realis juga. bertahap lah, jangan langsung yang terlalu muluk. sadar kemampuan. kalau saya nulis goal "mau jadi pramugari supaya bisa keliling dunia" hmmm.. ga realistis tuh, secara persyaratan tinggi badan aja ga lolos hehe. atau kalau saya nulis goal "mau punya blog yang aktif update 3 tulisan sehari" ampun dah, itu juga belum realistis untuk saat ini. jadi buat sekarang, update 1 minggu sekali aja ^^
R (relevant)
tujuan yang kita set ya harus relevan sm diri kita, hidup kita, aspirasi kita, mimpi kita.
kalau saya set tujuan "mau kurus pakai baju ukuran S seperti para model" (misal) hanya untuk ikut2an orang -padahal saya masih mau kasih ASI ke Ara sampai 2th dan suami juga tidak nuntut saya buat kurus- ya buat apa? eh bukan berarti ga boleh lho punya tujuan itu, cuma buat saya, itu ga relevan, jadi lebih baik cari goal lain aja. Kayak buat blog ini, untuk apa sih? karena saya mau berbagi, dan kalau cerita saya ternyata bisa jadi inspirasi atau kasih insight untuk bantu perubahan perilaku orang lain, bakal seneng banget!!
T (time bound)
ada kerangka waktunya, supaya ga ketunda-tunda terus. nah kayak saya ini, rencana buat blog udah dari 1tahunan yang lalu, tapi karena ga dikasih batas waktu, yang ada proskras mulu. Makanya trus saya tetapin 3 juni 2014 ini harus udah ada blog nya. Kebetulan 3 juni bertepatan sama ulang tahun suami ke 29 dan ulang bulan Ara ke 16, ada lah momennya.. timebound ini penting banget juga untuk nentuin langkah2 konkrit yang bisa kita lakuin untuk wujudin tujuan, misalnya goal "mau jalan-jalan ke Jepang Januari 2015" berarti kan dalam waktu 6 bulan, kita harus siapin budget (nabung sekian per bulan), siapin itinerary, dll...
last but not least, ada baiknya kita buat tujuan2 jangka pendek (itungan bulan atau 1-2 tahun) dan jangka panjang (5-10th ke depan).. gimanapun itu penting, walau mungkin susah kalau biasanya hanya mikir here and now :) tapi bayangin deh, misal kita udah ada transport tapi ga tau mau kemana, yang ada cuma muter2 di jalan abisin waktu dan bensin dan energi...
well..like everything else, it's easier said than done, but doesn't mean we shouldn't try.
that's my first story of many to come (hope so)
good night ^^
No comments:
Post a Comment